Minggu, 28 Desember 2014

Finchickup: Belajar Melek Finansial

Judul buku: Finchickup: Financial Check up for Ladies
Pengarang: Farah Dini Novita
Halaman: 228 halaman isi
Penerbit: Bentang Pustaka

Uang itu selalu menjadi problem banget dalam hidup banyak orang. Banyak masalah yang timbul karena ketidakseimbangan keuangan. Baik itu kelebihan uang maupun kekurangan uang. Kalau masalah yang saya alami sampai sekarang sih, seringnya karena kurang uang. Permasalahan semua umat manusia inilah yang diangkat sama Farah Dini Novita dalam bukunya Finchickup, Financial Check up for Ladies.

Sebagai seorang anak kos di perantauan, mengatur keuangan menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup saya. Meleset sedikit dari perencanaan, akhir bulan saya bisa jadi hanya berisi nasi kucing atau mie instan. Saya pernah mencoba membaca buku-buku mengenai bagaimana merencanakan keuangan atau bagaimana berinvestasi sebelum ini. Tetapi buku-buku tersebut rasanya terlalu canggih buat saya yang terbilang begitu awam dalam dunia uang-uangan begini. Rasanya investasi itu begitu jauh dari jangkauan, sampai saking jauhnya, saya jadi putus asa terlebih dahulu sebelum mempelajarinya.
Dini dalam bukunya ini mencoba mengubah cara berpikir saya, dan pastinya banyak pembaca yang lain, mengenai apa dan bagaimana itu mengatur keuangan kita. Financial check up, financial planing, dan investasi menjadi sesuatu yang lebih mudah dipahami dan menjadi sesuatu yang tidak hanya baik untuk diketahui, tetapi menjadi hal yang wajib untuk dipahami. Kita semua wajib untuk melek dan sadar akan kondisi keuangan kita dan bagaimana kita mengatur keuangan kita tersebut. Jika tidak kita atur sejak sekarang, bisa jadi masa produktif kita akan berlalu begitu saja tanpa kesan dan tau-tau kita sudah terdampar dalam masa pensiun tanpa tabungan.
Dengan orang ber-budget terbatas, sejujurnya tidak banyak produk investasi atau tindakan investasi yang bisa saya lakukan saat ini. Seperti yang sudah saya ceritakan, sebagai anak kos ya uang yang ada di tangan saya ya pas-pasan untuk menyambung hidup sehari-hari reksadana yang konon hanya Rp.100.000,- tiap bulan saja rasanya masih belum mampu saya lakukan. Tetapi buku ini memberi saya banyak cara pandang baru mengenai bagaimana mengatur keuangan saya agar minimal tidak over budget setiap bulannya. Banyak tips dan saran-saran yang bisa kita terapkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari kita. Seperti mengatur dan membagi pos-pos keuangan untuk setiap bulannya, melihat di mana ‘bocor halus’-nya keuangan kita, mencari dari mana kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan, sampai hal-hal yang lebih canggih seperti membeli produk-produk investasi. Dan tiap habis baca buku ini saya selalu dapet suntikan semangat untuk mulai menabung dan menata keuangan saya yang morat-marit.

Ayo melek finansial!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar